17 Apr 2016

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya. Museum Kereta Api Ambarawa Semarang merupakan sebuah stasiun kereta api tua warisan dari jaman penjajahan kolonial Belanda. Museum ini menyimpan berbagai jenis lokomotif uap antik yang dulu pernah digunakan di berbagai tempat di Indonesia, dan berbagai macam benda yang berhubungan erat dengan kereta api dan sistem perkeretaapian.


Dimana lokasi museum kereta api ambarawa ?
Museum kereta api ambawara terletak di jalan Stasiun No 1  Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Untuk mempermudah anda jika ingin mengunjungi museumkereta api ambarawa ini saya akan mencoba memandu anda menggunakan google maps.


Apa koleksi langka yang ada dimuseum kerata api ambarwa.
Museum ini memiliki koleksi langka yakni kereta uap bergerigi. Kerea uang bergigi ini hanya ada tiga di dunia salah satu ya ini di ambarawa dan dua lainnya berada di Swiss dan India.

Ada emapat keunggulan berwisata ke museum kereta api ambarawa
Keungggulan pertama meilihat  Stasiun Willem
Museum Kereta Api Ambarawa Semarang dilihat dari area di dekat pintu masuk museum dengan koleksi roda kereta api yang diletakkan di atas rel pendek dikelilingi rantai, berlatar belakang nama Stasiun Kereta Api Ambarawa pada jaman kolonial, yaitu Stasiun Willem I. Stasiun ini dibangun pada 21 Mei 1873 di lahan seluas 127.500 m².
Pada jaman penjajahan kolonial Belanda dulu, Kota Ambarawa telah dijadikan sebagai pangkalan militer bagi pemerintahan kolonial. Oleh karena itu atas perintah dari Raja Willem I maka dibangunlah sebuah stasiun kereta api baru di Kota Ambarawa pada tahun 1873 sehingga dengan demikian pemerintah kolonial bisa lebih mudah dalam mengangkut tentara dan persenjataan dari Ambarawa ke Semarang dan sebaliknya.

Keungggulan kedua Bel Antik
Di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang terdapat ruang pamer dalam dan ruang pamer luar ruang. Ruang pamer dalam menggunakan ruangan gedung stasiun yang memamerkan berbagai benda untuk mengatur perjalanan kereta api seperti telepon kuno, peralatan telegraf Morse, bel kuno yang tampak pada foto fi atas, dan beberapa perabotan antik serta dokumentasi foto.
Kota Ambarawa yang berhawa sejuk, tempat dimana museum barada, dikelilingi daerah perbukitan dan pegunungan, seperti Gunung Merbabu, Ungaran, pegunungan Telomoyo, Gunung Kelir, Gunung Kendil, Gunung Gajah dan beberapa lagi. Ambarawa ada pada posisi 500 mdpl, sekitar 38 km selatan kota Semarang, 75 km utara Yogyakarta.

Baca juga wisata benteng spellwijk Banteng

Keunggulan ketiga melihat  Loko Tua
Lokomotif tua di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang. Lokomotif B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen, dan B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG masih dipakai untuk menarik kereta api wisata dan merupakan salah satu dari tiga kereta api uap bergerigi yang masih tersisa di dunia. Dua lainnya ada di Swiss dan India.
Lokomotif uap tua lainnya yang disimpan di sini adalah Lokomotif dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar yaitu CC 5029 buatan Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works. Loko uap Mak Itam E 1060 Museum Kereta Api Sawahlunto juga pernah disimpan di sini.

Keunggulan ke empat menikmati  Lori Wisata
Lori Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang yang melayani rute Stasiun Ambarawa – Tuntang. Wisatawan membayar Rp. 10.000 untuk naik lori ini. Ada lagi Kereta Api Wisata Ambarawa – Tuntang memakai gerbong kayu model kuno berkapasitas 150 dengan tarif Rp 50.000 yang dioperasikan saat libur akhir tahun dan libur sekolah.
Museum Kereta Api Ambarawa juga menyediakan Ambarawa Railway Mountain Tour, dari Ambarawa ke Bedono memakai Lokomotif Uap B2503 jalur rel khusus gunung. Jarak 35 km ditempuh 1 jam dengan pemandangan lembah Ungaran dan Merbabu

Keindahan ambarawa bisa melihat kehidupan pedesaan khas jawa.
Selain museum kereta api yang bisa ditemui di kota tua ini, dikota ini juga merasakan kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya. Di ambarwa ini terdapat rerimbun pohon hijau berpadu bersama pemandangan gunung api yang indah. Keelokan ini semakin lengkap dengan hamparan lembah hijau dan sawah yang subur.Anda akan merasakan sebuah kota di Jawa Tengah yang berhawa sejuk dengan sejuta pesona mulai dari keindahan panorama pegunungan, tempat wisata bersejarah, hingga aneka hidangan kuliner. Pesona indahnya ambarawa sudah saya saksikan juli 2014.

Baca juga wisata jakarta monas

Berapa lama perjalan dari semarang ke ambarawa. Untuk menuju museum kereta api dari semarang hanya membutuhkan waktu 49 menit (41,0 km)melalui Jl. Tol Tembalang-Ungaran dan Jl. Tol Ungaran-Bawen. 

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com