16 Apr 2016

Wisata Sejarah Benteng Spellwijk Banten

Apreri Salim. Banten adalah salah satu daerah besar di Indonesia, Provinsi banten memiliki banyak nilai sejarah pada zaman penjajahan dahulu. Tenyata banten pernah menjadi pusat perdagangan yang menyediakan rempah-rempah, salah satu buktinya adalah dibanten terdapat benteng spellwijk yang dibangun dimasa kolonial belanda. Untuk mengenal tempat-tempat bersejarah dibanten khusus benteng spellwijk saya akan bercerita lewat blog ini. Benteng spellwijk adalah simbol kekuasaan kolonialisme Belanda, sekaligus penanda berakhirnya era kejayaan Kesultanan Banten.




Kapan dibangun benteng spellwijk ?

Benteng spellwijk dibangun pada tahun 1682


Siapa yang membangunbenteng spellwijk ?

Benteng spellwijk dibangun oleh kolonial belanda yang dirancang oleh Hendrick Lucaszoon Cardeel, adapun namanya diambil dari nama gubernur VOC, Cornelis Jansz Speelman. Benteng ini seakan menjadi simbol kekuasaan kolonial Belanda yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Abu Nasr Abdul Kahhar, yang juga dikenal sebagai Sultan Haji. Sultan Haji adalah putra dari Sultan Ageng Tirtayasa yang mudah dibujuk Belanda, sangat berbeda dengan sang ayah yang sangat tegas dalam urusan politik.
Dimana letak benteng Speelwijk ? 

Benteng Speelwijk terletak  Jalan bio Banten No.42, Kasemen,Banten,Kec. Serang,Kota SerangKasemen, Banten. Sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan, Situs Banten Lama.  Saya akan memandu anda untuk menuju benteng speelwijk dengan google maps.

Bagaiman Bentung benteng Speelwijk ? 

Benteng ini berdenah persegi panjang tidak simetris dan setiap sudutnya terdapat bastion. Keadaan bangunan saat ini tidak utuh lagi, tapi beberapa sudut benteng ini meninggalkan bentuk bangunan yang masih bisa dinikmati dan diketahui fungsinya. Di benteng ini terdapat bastion dan sebuah menara pengintai. Di bawah bastion terdapat ruangan tempat mesiu disimpan. Pembagian ruangan utama di dalam benteng adalah kamar penyimpanan senjata, rumah komandan, kantor administrasi dan gereja yang semuanya tinggal reruntuhan dan pondasinya saja. Di areal benteng, tepatnya di sisi luar sebelah selatan terdapat pemakaman orang asing yang disebut kerkhoff. Bentuk bangunan makam terlihat tidak seragam. Salah satu bangunan makam yang paling besar adalah makam Komandan Hugo Pieter Faure (1718 – 1763), sang panglima perang.

Apa fungsi benteng Speelwijk ? 

Benteng ini diduga mempunyai dua fungsi, yakni sebagai pertahanan dan pemukiman. Benteng tersebut juga menjadi tempat mengontrol segala kegiatan yang berkaitan dengan Kesultanan Banten dan juga sebagai tempat berlindung/bermukim bagi orang Belanda. Benteng ini semakin mengokohkan posisi Belanda dalam usahanya memonopoli perdagangan merica yang berasal dari Lampung Selatan, untuk kemudian dijual lagi kepada pedagang-pedagang asing yang berasal dari Cina, Malaysia, Arab, India dan Vietnam.

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com