16 Apr 2016

Wisata Alam Pantai Tikus Bangka Belitung

Apreri Salim. Apreri Salim akan berbagi informasi wisata seluruh indonesia. Kali ini Apreri Salim akan membagikan informasi dari kampung laskar pelangi yaitu bangka belitung. Kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau dan hanya puluhan pulau yang dihuni oleh penduduk. Jika belum pernah ke pulau ini anda harus membuat sebuah planing liburan anda kesini karena pulau ini salah satu tempat yang cukup indah di Indonesia. Salah satu objek wisata yang akan saya bagikan informasinya adalah pantai tikus. Untuk mempermudah saya akan berbagi informasi tentang pantai tikus dengan pertanyaan-pertanyaan




Mengapa disebut dengan nama pantai tikus ?
Pantai tikus menurut sejarahnya di sebut dengan nama pantai tikus karena pantai ini mempunyai banyak sekali jalan setapak atau jalan tikus. Menurut kisahnya, dahulunya jalan ini di buat oleh pencari timah secara gelap untuk jalan membawa timah ke sisi pantai.

Dimana letak pantai tikus ?

Pantai tikus terletak di  Parit Padang,Sungai Liat,Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai tikus juga sering disebut terletak di antara pantai rebo/pantai rebuk dan pantai tanjung pesona Bangka (bagi orang asli sungai liat). Pantai tikus adalah sangat indah yang mempersona bagi para wisatawan yang mengunjunginya.  Pantai tikus memiliki keunikan sendiri, uniknya terdapat pada bagian sisi pantai yang berpasir dan berbatu terjal.
Untuk mempermudah saudara saya akan bantu saudara dengan google maps untuk melihat lokasi pantai tikus.


Pantai ini letaknya ada di sebelah timur kota sungailiat dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit jika Anda dari pusat kota dan sekitar 51 menit jika Anda dari kota pangkal-pinang ibukota dari Bangka Belitung dengan jarak tempuh 36,1 KM.


Pantai Tikus Sungailiat Bangka ini merupakan salah satu pantai yang panjang jika dibandingkan dengan pantai - pantai lainnya di sungailiat Bangka. Karena pantai ini begitu panjang, terkadang masyarakat sekitar menyebut bagian-bagian dari pantai tikus bangka ini dengan sebuah penanda khusus tersendiri seperti pohon mangga, pohon akasia, pantai cinta, pantai vihara dan lain sebagainya.
 
Di sebut dengan nama pantai kebun mangga karena memang disini terdapat perkebunan mangga. di bagian kebun mangga sisi dari pantainya adalah tebing berbatu, akan tetapi mempunyai pemandangan yang cantik sekali.

Selain dari itu Pantai Tikus ini juga biasa disebut dengan nama pantai pagoda, di sebut demikian karena memang pada bagian ini ada sebuah pagoda vihara yang sangat besar dan megah sekali. Lokasi Pagoda ini terdapat di atas bukit pantai tikus, dan dari pagoda ini para pengunjung dapat melihat pemandangan pantai tikus indah menawan dan luas.

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

2 comments:

  1. Replies
    1. Terimkasih telah berkunjung...Kunjungan kembali kami tunggu

      Delete

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com