17 Apr 2016

Monas

Apreri Salim. Jakarta, siapa yang tidak tahu jakarta, semua orang tahu jakarta, ank SD pun ditanya jakarta meraka tahu. Kemudian monas, siapa yang tidak tahu Monas, Bahkan anak TK diluar pulau jawa ditanya monas mereka tahu, ditanya dimana letak monas, mereka bisa jawab monas dijakarta. Berarti dari yang kecil sampai yang tua tahu dengan yang namanya monas. Jadi apa itu monas ?, Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.




Arsitek Monas 

Arsitektur Monas ini dirancang supaya dapat dimasukkan unsur kemerdekaan yaitu 17,8,dan 45 oleh R.M. Soedarsono. Landasan / Pelataran bawah memiliki tinggi 17 meter, lebar permukaan atas cawan adalah 45 meter, lebar dasar pelataran bawah adalah 80 meter.
 
Struktur Monas 

Struktur tugu ini terdiri dari tiga bagian. Pelataran bawah dengan museum berukuran 80×80 meter dan tinggi museum 8 meter. Lalu ada cawan tepat di atas museum dengan lebar atasnya 45 meter dan memiliki tinggi 17 meter dari dasar cawan. Obelisk yang memiliki tinggi 117,7 meter yang dilapisi marmer Italia. Pelataran puncak dengan lebar 11 meter. Di atas pelataran puncak ada lidah api setinggi 17 meter yang dibuat dari perunggu dan dilapisi emas seberat 45 kg.

Apa yang bisa dilakukan jika berkunjung ke monas

Sangat banyak yang bisa dilakukan dimonas. Bisa melihat kota jakarta dari puncak monas, bisa bersepeda mengelilingi monas. Saya ke monas tahun 2009 dan 2014. Satu hal yang tidak saya lupa melakukan jika ke monas adalah berfoto dengan bacgroundnya monas. Foto yang diambil berbeda dengan foto lain. Saya jika berfoto dimonas selalu seolah-olah saya sedang memegang bunga api yang ada dimonas. Bagaimana bisa foto seperti itu. Caranya kita harus berfoto dengan jarak yang agak jauh dari monas, kemudian pengambilan fotonya kamera saya rendahkan bahkan hampir menyentuh tanah. Mintalah teman untuk mengambil foto, kemudian mintalah teman anda untuk mengatur, mengarahkan kamu supaya tangan anda benar-benar tepat seolah memegang bunga api dipuncak monas.

Melihat monas dari google maps

Monas tampak jelas dari google maps

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com