13 Apr 2016

Wisata Alam Momumen Merpati Perdamaian

Apreri Salim. Kota padang banyak memiliki objek wisata yang akan melatih daya akomodasi mata dengan pemandangan yang indah. Objek wisata terbaru 2016 dikota padang adalah Monumen Merpati Perdamaian yang terletak di Taman Muaro Lasak, Padang. Monumen Merpati Perdamaian menjulang setinggi delapan meter. Rancangan monumen itu menyerupai kertas origami yang menggambarkan perdamaian sebagai hal rentan.

 

Kapan Monumen Perdaman Merpati diangun ?
Monumen Merpati Perdamaian (Peace Dove Monument) di Taman Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat yang diersmikan oleh presiden Bapak Joko Widodo (Selasa, 12/4/2016)

Baca juga Wisata Alam IORA di Pantai Padang

Dalam Rangka apa monumen merpati perdamaian dibangun ?
Monumen ini dibangun Lantamal II dalam rangka kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 (Latihan Bersama Angkatan Laut 36 negara) di Padang. Monumen tersebut tanda persahabatan dan perdamaian ke-36 negara-negara peserta MNEK 2016. Lambang merpati di sini tidak ada hubungannya dengan agama tertentu. Diambilnya lambang merpati pada tugu tersebut semata-mata karena sepanjang sejarah salah satu objek yang melambangkan simbol perdamaian dan persahabatan adalah merpati.

Mengapa berbentuk merpati dan menyerupai lipatan kertas origami?
Komandan Satgas Komodo 2016 Laksamana Pertama TNI T.S.N.B Hutabarat, M.M.S. menjelaskan filosofi pembangunan monumen ini. Menurut alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan tahun 1989 ini merpati dikenal luas sebagai lambang perdamaian di seluruh dunia. Merpati dikenal tidak agresif dan tidak pernah membunuh untuk mendapatkan makanan.
Dalam mitologi Yunani merpati menjadi simbol cinta. Burung ini sering digambarkan bersama Aphrodite, sang dewi cinta, beterbangan di sekitarnya atau sedang beristirahat di tangannya.
Bangsa China telah lama menjadikan merpati sebagi simbol perdamaian dan umur panjang. Sementara bangsa Mesir menjadikannya sebagai tanda ketenangan.
Wujud bangunan setinggi 8 meter ini dirancang menyerupai lipatan kertas origami untuk melambangkan bahwa perdamaian itu sangat rentan. Jika terlalu banyak pihak berkepentingan untuk mengganggunya, maka perdamaian akan rapuh laksana sehelai kertas.
Dengan kata lain, keberlangsungan perdamaian berada langsung pada para pemangkunya, yakni bangsa-bangsa di seluruh dunia. Semakin peduli antar sesama, semakin tumbuh dan berkembang perdamaian dalam jiwa setiap bangsa di dunia.

Baca juga Wisata Alam IORA di Pantai Padang

Mengapa monumen meroati perdamaian didirikan dikota padang ?
Kota Padang dipilih sebagai lokasi berdirinya Monumen Merpati Perdamaian sebab di Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ini TNI Angkatan Laut beserta 35 angkatan laut negara sahabat pada 12-16 April 2016 melaksanakan latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016. Jenis latihan, operasi bakti, serta simposium yang diselenggarakan pada even dua tahunan tersebut mengusung misi kemanusiaan dalam rangka memelihara perdamaian.
Tema yang diusung pun mengedepankan perdamaian. International Fleet Review (IFR) mengambil tema “Brotherhood with All Seamen”. Latihan fase laut bertemakan “Readiness and Cooperation for Peace’. Sementara simposium mengambil tema “Maritime Partnership for Stability in Western Pacific Region”.


Jika saudara mau berkunjung silahkan melihat peta di google maps. Google mapas yang kami sematkan adalah muaro lasak lokasi monumen merpati perdamaian.

Monumen Merpati Perdamaian tidak berjauhan dengan dengan Indian Ocean Rim Asociation (IORA). Jadi Jika saudara berkunjung ke monumen merpati padang saudara bisa langsung ke Indian Ocean Rim Asociation (IORA).

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

2 comments:

  1. Saya belum pernah kesini. Mkasih infonya pak apreri salim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama pak.. Silahkan berkunjung Ke monumen merpati perdamaian. Posisi tidak jauh dari IORA

      Delete

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com