16 Apr 2016

Wisata Alam Air Terjun Aek Martua

Apreri Salim. Informasi pendidikan dan wisata adalah informasi utama apreri salim. Kesempatan ini saya akan bagikan informasi wisata yang ada di riau tepatnya dikabupaten rokan hulu. Salah satu objek wisata di rokan hulu adalah Air Terjun Aek Martua. Air terjun aek martua ini adalah salah satu wisata alam unggulan di kabupaten Rokan Hulu. Aek Martua adalah nama sebuah sungai di wilayah Desa Tangun Kecamatan Bangun Purba. Air Terjun Aek Martua adalah air terjun yang tertinggi dari sekian banyak air terjun yang terdapat disepanjang hulu sungai. Selum saudara memilih objek wisata yang akan saudara kunjungi bersama teman atau keluarga, ada baiknya saudar membaca informasi tentang objek wisata aek martua ini, sehingga perjalanan anda berwisata mengisi liburan anda menjadi lebih berasa.



Asal Usul nama air terjun Aek Martua
Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah.

Dimana Posisi air terjun aek martua ?
Lokasi air terjun Aek Martua berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan dalam kabupaten Rokan Hulu. Tepatnya Air terjun aek martua terletak di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau. 
Air terjun aek martua ini berjarak 12 km dari Pasir Pengairan ke Simpang Tanggun dengan arah menuju Tapsel (Tapanuli Selatan), bagi yang mengendarai sepeda motor menuju kesana tentu waktu untuk sampai kesana sangat lah sebentar, sehingga cocok dijadikan untuk wisata keluarga.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan jalan kaki dengan jarak 6,5 km dari pintu masuk melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3,5 km (kondisi jalan sudah di beton), dan melewati kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 km dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam.
Gambar dibawah jika dilihat perjalanan dari pasir pengaraian menuju aek martua menggunakan modil membutuhkan waktu 40 menit.


Apa keunikan air terjun aek martua ?
Air Terjun Aek Martua ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu.  Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Aek Mertua ini memiliki panorama alam yang mempesona. Airnya yang jernih bak kemasan air mineral, sungguh membuat sedap mata memandang.


 Apa keindahan air terjun aek martua ?
Ada tiga air terjun yang indah dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di kawasan ini bervariasi mulai dengan ketinggian 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter.  Air terjun pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler adalah air terjun ketiga, tentunya bagi mereka yang memiliki keahlian panjat tebing untuk menuju tempat tersebut.

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com