17 Apr 2016

Wisata Kalimantan Barat

Apreri Salim. Objek wisata indonesia adalah topik utama yang akan disajikan dalam blog Apreri Salim. Indonesia yang kaya, indonesia yang banyak punya potensi. Kali ini Apreri Salim memberikan informasi objek wisata yang ada dikalimantan barat. Informasi ini masih secara umum, dan akan kami detailkan informasinya satu perastu tentang objek wisata di indonesia. Kalimantan barat tidak kalah dengan daerah lain tentang objek wisata yang dimiliki. Apreri Salim akan berbagi informasi objek wisata dikalimantan barat berdasarkan kabupaten.



Pontianak
Museum Kalbar
Dimuseum kalimantan barat ini anda bisa melihat berbagai miniatur rumah adat, miniatur rumah adat cina, miniatur rumah adat dayak, miniatur rumah adat melayu.
Rumah adat dayak
Rumah adat dayah ini ada dua. Pertama rumah beteng, pada rumah beteng ini khusus komunitas seni. Kedua rumah radang, pada rumah radang ini khusus kegiatan berupa iven-iven.
Rumah adat Melayu
Rumah ada melayu ini bianya disewakan untuk acara besar seperti pernikahan, peresmian, dan acara besar lainnya.
Keraton kadariah
Keraton kadariah sangat terkenal khusus masyarakat kalimantan barat karena dikeraton ini lahir nya nama pancasila, sebagi bukti dikeraton ini ada dokumen-dokumen yang menyatakan bahwa panca sila lahir dikeraton ini. Dikeraton ini juga lahirnya silsilah pontinak, cermin pecah seribu. Kemudian disekitar keraton kadarian ini ada masjid tertua dikalimantan barat yaitu masjid jamik. Masjid jamik ini bahan kayu nya adalah kayu belian. Kita tahu bahwa kayu belian adalah kayu super kalimantan.
Tugu katulistiwa
Tugu katulistiwa salah satunya di indonesia ada dikalimantan, disumatera barat juga ada tepatnya di bonjol – Pasaman.
Bagi wisatawan yang berkunjung ke pontianak disekitar tugu katulistiwa ini sduah ada fasiltas pendukung yang bisa membuat liburan penuh dengan keindahan dan kepuasan yaitu penginapan, rekreasi, dan kolam renang.
Taman digulis. Taman digulis serng juga disebut orang sebagai taman bambu runcing. Taman digulis ini dekat dengan universitas tanjung pura. Pada taman digulis ini ada 12 bambu runcing, 12 bambu runcing ini penanda perlawanan 12 orang dari kalimantan barat
Taman alun-alun kapuas.
Kata orang kalimantan barat jika belum meminum air kapus belum sampai kekalimantan. Cerita itu berlaku untuk zaman tempo dulu, karena air sungai kapuas dulunya sangat jernih. Sekarang jika anda ke kalimantan barat jangan coba-coba minum air kapuas, karena air sungai kapuas sudah tercema, air sungai sekarang ini sudah seperli lumpur mengalir.


Kabupaten Kubu raya
Pantai indh kakap
Pada pantai indah kakap ini anda bisa menikmati kuliner hkas kalimantan barat. Dipantai indah kakap ini tersedi siput sehingga anda bisa memanjakan selara anda dari olahan masakan siput yang disediakan disekitar pantai inda kakap ini.
Pada pantai indah kakap anda bisa melakukan kegiatan memancing atau bisa merental speed boat.
Pada pantai indah kakap ini ada cara tahunan yang dilakukan masyarakat setempat  yang bernama robo-robo. Acara robo-robo ini atau dikenal dengan hari robo-robo masyarakat setempat biasanya makan-makan bersama dipantai indah kakap ini.
Pantai tengkorak
Pantai ini bernama pantai tengkorak karena pantai ini banyak ditemukan tulang belulang moyet. Pada pantai ini moyet juga akan datang bergerombolan pada musim-musim tertentu.
Pantai tenkorak ini memberi warna khusus bagi anda karena anda bisa melihat pasir hitam yang berbeda dengan pantai lainnya.
Disekitar pantai tengkorak ini anda akan dimanjakan selera denga kuliner-kuliner khas kalimantan barat. Dipantai ini tersedia aneka masakan kepiting, renjong, lokan/kepa, jenis-jenis ikan, blangkas. Tidak hanya makanan, buah juga ada tersedia buah pepat. Sehingga orang sering bilang kalau belum makan buah pepat belum menginjak kaki diteluk pak kedai.

Kabupaten Putu sibu.
Dikabupaten putu sibu dengan kota kabupaten kapuas hulu juga memiliki banyak objek wisata yang bisa untuk dikunjungi mengisi kegiatan liburan anda.
Danau sentarung
Danau sentarung adalah danau yang terkenal dengan danau yang penuh dengan pulau kecil-kecil.Danau sentarung adalah danau musiman. danau ini penuh terisi air sungai kapuas selama 10 bulan dalam setahun

Tempat penangkaran ikan arwana

Tempat penangkaran ikan toman
Ikan toman digunakan sebagai manakan khas kapuas hulu, ikan toman dijadikan sebagai bahan membuat kerupuk basah. Kerupuk ini berbeda dengan kerupuk yang lain yang biasa digoreng, khas kapuas hulu dengan bahan ikan toman pembuatan kerupuknya dikukus.
Rumah panjang

Dalam wikipedia. Rumah Panjang adalah salah satu rumah adat dari daerah Kalimantan Barat. Rumah Panjang adalah ciri khas dari masyarakat Dayak yang tinggal di daerah Kalimantan Barat. Hal ini dikarenakan rumah panjang adalah gambaran sosial kehidupan masyarakat Dayak di Kalimantan Barat. Rumah panjang juga merupakan pusat kehidupan dari masyarakat Dayak.
Nama rumah panjang dimabil karena memang rumah ini sangat panjang, jika anda pergi ke kapuas hulu anda akan dikejutkan dengan pemandangan rumah panjang. Rumah panjang ini bisa dihuni oleh puluhan kepala keluarga. Jadi wajar rumah ini panjang karena didalamnya bukan satu kepala keluarga. Inilah yang unik dari kalimantan barat khusus kapuas hulu. Dalam rumah panjang ini dibagi perkamar-kamar untuk satu kepala keluarga. Yang lebih menarik lagi rumah panjang ini berbahan dari kayu yang super yaitu kayu belian. Tiang rumah panjang ini sangat lah besar.
Rumah lanting
Rumah lanting serig juga disebut oleh masyarakat setempat dengan nama rumah terapung. Rumah lanting ini adalah rumah solusi banjir. Rumah lanting akan terapung sendirinya jika air pasang.

Kabupaten Singkawang
Pantai kura-kura
Pantai pasir panjang. Dikabupaten singkawang pantai pasir panjang ada dua, sehingga ada pantai pasir panjang 1 dan pantai pasir panjang 2.
Singka zoo
Taman Wisata Kebun Binatang yang ada di singkawang. Koleksi satwa di Sinka Zoo ini tergolong cukup lengkap. Pengunjung dapat melihat hewan–hewan secara lebih dekat. Pengunjung dapat memberi makan ke beberapa hewan, misalnya kerbau albino dan rusa. Selain itu, pengunjung di sini juga dapat berfoto dan memegang langsung ular sanca yang habitat aslinya dari Brasil.
Singka island.
Taman dinosaurus
Min land (tempat wisata pantai, penginapan dan permainan)

Wisata batu payung

Taman boungenvil

Danau biru

Kabupaten sanggau

Keraton melayu

Jembatan pak kasih  (Lihat Jembatan Pak Kasih)

Pulau tayen

Dipulau tayen ini dihuni oleh etni cina 80-90%

Air minum pancur aji



Kabupaten bengkayan

Riam berasap

Riam berawan

Bukit jamur

Pantai lumu kuta

randaiyan





Kabupaten Sambas

Pantai Putri Serai

Pantai Natuna Indah

Demau sebedang

Keraton sambas

Gunung sinujuh

Pantai temajok

Pantai paloh

Pantai kahona

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com