15 Apr 2016

Wisata Alam Danau Toba dan Pulau Samosir

Apreri Salim. Saya (salim) founder dan content writer blog ini tidak pernah ketinggalan kalau yang namanya objek wisata. Objek wisata adalah buruan saya ketika liburan. Alhamdulillah saya telah banyak menempuk objek wisata dipulau sumatera dari aceh sampai lampung dan pulau jawa dari banten sampai malang. Saya menyukai yang namanya travelling. Berbekal perjalanan saya akan membagikan dan memanpu saudara untuk juga bisa berwisata ria dimana aja wisata yang akan saudara kunjungi. Saya akan coba memudahkan saudara mengunjungi objek-objek wisata dengan berbantuan google maps dalam tulisa ini. Kesempatan ini saya akan bagikan cerita dan panduan wisata ke pulau samosir. Tentu saudara sudah pernah mendengar pulau somosir. Pulau samosir sejak SD sudah dikenalkan karena letaknya ditengah danau terbesar di indonesia. Saya ke pulau somosir 30 Desember 2015. Kunjungan ini dalam rangka jalan-jalan guru dan TU SMA Negeri Unggul Pidie Jaya. Kebetulan waktu itu saya mengajar di SMAN Unggul Pidie Jaya dalam kerja Guru SM-3T, Maju bersama Mencerdaskan Indonesia.



Penjelasan pulau samosir menurut wikipedia
Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.Pulau Samosir sendiri terletak dalam wilayah Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir.Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau"

Melihat Pulau samosir dari google maps



Peta Perjalanan dari Bandara International Kualanamu Medan menuju pulau samosir


Kampung halaman suku batak
Pulau samosir juga dikenal sebagai kampung halaman dari suku batak, terdapat sebuah gunung bernama Pusuk Buhit di daerah ini dimana di puncak gunung pusuk buhit inilah orang batak berawal. Sehingga tidak mengherankan jika di pulau samosir terdapat banyak benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan tradisi suku batak, dan mayoritas penduduknya adalah suku batak.
Wisata kunjungi satu dapat banyak
Danau toba dan pulau samosir menjadi sebuah tujuan wisata yang sangat berhubungan ketika kita berbicara objek wisata tentang danau terbesar di indonesia bahkan di Asia ini. Keindahan danau toba yang sangat mempersona sehingga memang patut untuk diacungi kedua jempol, sejauh mata memandang terlihat bukit-bukit memanjang mengelilingi danau toba yang menandakan keindahan yang alami. Begitu juga dengan pulau samosir, mayoritas pemukiman masyarakat disini berada tepat di tepi danau toba. Di semua pinggiran pulau ini kita bisa melihat dan menemukan masyarakat lokal hidup damai dengan segala kegiatan sehari-hari mereka. Sudah tidak asing lagi jika setiap hari kita melihat para turis melakukan kegiatan santai mereka atau ada juga yang berkeliling dengan sepeda dan sepeda motor yang mereka rental atau berkumpul di beberapa tempat. Berbagai turis dari berbagai negara di dunia sudah datang dan melihat langsung keindahan dan panorama alam danau toba khususnya dari Pulau Samosir. 
Apa yang bisa dilakukan jika berwisata ke danau toba dan pulau samosir ?
Sangat banyak yang bisa dilakukan para wisatawan untuk mengisi waktu di danau toba, kegiatan-kegiatan itu berupa :Naik sepeda, jalan santai, naik speed boat, memancing, berenang, hunting foto dan kegiatan menarik dan menyenangkan lainnya.


Apa saja spot wisata yang patut dikunjungi di pulau samosir ?
Di  pulau samosir sendiri sangat banyak spot wisata menarik yang patut untuk anda kunjungi seperti museum, air terjun, patung, peninggalan bersejarah dan spot lainnya. Ada juga hal unik seperti danau diatas danau yaitu danau sidihoni, dimana danau ini berada di atas pulau samosir. Sehingga danau sidihoni sering dijuluki sebagai danau diatas danau

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com