13 Apr 2016

Wisata Alam Jembatang Layang Kelok 9

Apreri Salim. Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di dipulau sumatera yang terletak dibagian barat pulau sumatera dibandingkan provinsi lain. Disumatera barat sangat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan dan kegiatan observasi lainnya. Salah satunya jenis objek wisata yaitu objek wisata Alam. Disumatera barat salah satu objek wisata alam adalah jembatan kelok 9 yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan kelok 9 merupakan salah satu ikon sumatera barat.Bagi wisatawan yang mengunjungi sumatera barat sangat rugi jika tidak menyempatkan mengunjungi jembatan kelok sembilan, karena jembatan kelok 9 satu-satu nya jembatan yang ada di indonesia yang unik dan indah berada di lembah.
 
Foto paling bawah dimabil ketika musim asap banyak akibat kebakaran 
hutan di beberapa wilayah indonesia 2015

Dimana Posisi Jembatan kelok sembilan ?
Posisi jembatan kelok sembilan berada di ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera. Jika saudara kebingungan mencari lokasi jembatan kelok sembilan Silahkan Lihat di googlemaps dibawah.


Kapan dibangun jalan kelok sembilan ?
Jalan Kelok 9 pertama kali dibangun semasa pemerintahan Hindia-Belanda antara tahun 1908–1914.
Kapan dibangun Jembatan layang kelok 9 ?
Jembatan layang Kelok 9 dibangun pada tahun 2003 karena sebelumnya kondisi jalan di kelok sembilan sempit dan berkelok-kelok sehingga kendaraan besar harus berhenti dan bergantian melaluinya. Berdasarkan data lulu lintas pada tahun 2000, kendaran yang melalui jalan ini mencapai antara 9.000 sampai 11.000 kendaraan sehari dengan mengangkut sekitar 15,8 juta orang dan sekitar 28,5 juta ton barang dalam setahun. Sehingga pada 2003 Pembangunan jembatan layang Kelok 9 mulai dilakukan atas persetujuan pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pengejaan pembangunan selama 10 tahun sampai pada peresmian yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013.
Gambaran Umum jembatan layang kelok 9
Yang sebenarnya jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatera. Jika direntang lurus panjang Kelok Sembilan hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter sebelum dilakukan pembangunan jembatan layang. Pada tahun 2003 dimulai pembangun jembatan layang pada jalan kelok sembilan ini. Pengerjaannya ditangani dalam dua tahapan pembangunan. Panjang keseluruhan jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 
Mengapa Jembatang Layang kelok 9 sebagai objek wisata ?
Jembatan layang kelok sembilan yang terletak di ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera memiliki keindahan dan keunikan khusus. 

Lihat Juga Jembatan Siti Nurbaya
Keindahan dan keunikan khusus pertama dilihat dari sejarah pembangunan awal jalan kelok sembilan, jalan kelok sembilan pertama kali dibangun semasa pemerintahan Hindia-Belanda antara tahun 1908–1914. Jalan ini memiliki nilai-nilai sejarah bagi masyarakat indonesia terutama masyarakat sumatera barat. Jalan kelok sembilan jauh lebih tua dari umur kemerdekaan bangsa indonesia
Keindahan dan keunikan khusus kedua dilihat dari kontruksi bangunan yang unik. Keunikan jembatan layang kelok sembilan membuat rileks mata orang yang melintas dijalan jembatan kelok sembilan. Dengan keindahan dan keunikan kontruksi nya sehingga jembatan kelok sembilan dijadikan sebagai objek wisata dan ikon sumatera barat.

Keindahan dan keunikan khusus ketiga pemandangan yang indah yang ditawarkan oleh jembatan kelok sembilan, pengunjung akan melihat panorama yang indah dari atas jembatan. Hal ini lah yang membuat setiap orang yang melintas jembatan kelok sembilan menyemptkan diri untk istirahat dan mengambil foto di atas jembatan.

Jika wisatawan dari aceh dan sumatera utara menuju sumbar kami menyarakan melewati dari pekan baru/listas timur. Sehingga sehingga diperjalanan akan menempuh jembatan kelok 9. Jika melewati pasaman ada keuntungannya yaitu bisa mampir di tugu katulistiwa bonjol.

Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com